Jam Operasional : Senin s/d Sabtu 07:00 - 14:00
A |
Visi Madrasah |
|
|
“Islami
Berkualitas dan Populis” |
|
|
1) |
Islami : Menjadi
Madrasah yang mampu meciptakan anak didik yang beriman, bertaqwa, dan
berakhlaq mulia serta mencerminkan nilai-nilai Islami. |
|
2) |
Berkualitas :
Menjadi Madrasah berprestasi dan unggulan yang memiliki kemampuan dan
ketrampilan sesuai dengan perkembangan zaman. |
|
3) |
Populis :
Menjadi Madrasah yang tumbuh, berkembang, dan dapat diterima serta dipercaya
masyarakat.
|
B |
Misi Madrasah |
|
|
1) |
Memberikan
pelayanan lahir batin kepada anak didik guna menjadi manusia yang berguna
bagi nusa, bangsa, dan agama. |
|
2) |
Meletakkan
dasar-dasar keimanan dan keislaman kepada anak didik melalui pendekatan
akhlaqul karimah dan uswatun hasanah. |
|
3) |
Membentuk anak
didik yang cerdas, terampil dan mandiri dengan berbudi pekerti yang luhur. |
|
4) |
Menyebarkan dan
melaksanakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan guna tercapainya
pendidikan nasional. |
|
5) |
Menyiapkan
generasi muda yang handal, tangguh, dan siap menghadapi tantangan zaman.
|
C |
Tujuan Madrasah. |
|
|
Tujuan
pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar mengacu pada tujuan umum
pendidikan dasar yaitu : |
|
|
1) |
Turut berperan
serta dalam usaha mencerdaskan bangsa melalui pendidikan, dalam rangka mewujudkan
bangsa berpengetahuan dan berakhlaqul karimah: |
|
2) |
Sebagai wadah
bagi masyarakat untuk menuntut ilmu secara formal yang mengacu pada kurikulum
yang berlaku sehingga para lulusan dapat melanjutkan kejenjang pendidikan
yang lebih tinggi: |
|
3) |
Memberdayakan
para pendidik untuk mengabdikan diri dan memanfaatkan ilmu yang dimiliki.
|
D. |
Target Madrasah |
|
|
Target madrasah
mencakup tujuan Pendidikan dasar yang dalam standar nasional sudah dirumuskan
yaitu : “ meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia
serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
”. |
|
|
Berdasarkan
rumusan standar kompetensi lulusan satuan pendidikan madrasah ibtidaiyah
dirumuskan sebagai berikut : |
|
|
1) |
Mengamalkan
ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja |
|
2) |
Memahami
kekurangan dan kelebihan diri sendiri |
|
3) |
Menunjukkan
sikap percaya diri |
|
4) |
Mematuhi
aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas |
|
5) |
Menghargai
keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam
lingkup nasional. |
|
6) |
Mencari dan
menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara
logis, kritis, kreatif dan inovatif |
|
7) |
Menunjukkan
kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya |
|
8) |
Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari |
|
9) |
Mendeskripsi
gejala alam dan sosial |
|
10) |
Memanfaatkan
lingkungan secara bertanggung jawab |
|
11) |
Menerapkan
nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan |
|
12) |
Berbangsa, dan
bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia |
|
13) |
Menghargai karya
seni dan budaya nasional |
|
14) |
Menghargai tugas
pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya |
|
15) |
Menerapkan hidup
bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang |
|
16) |
Berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif dan santun |
|
17) |
Memahami hak dan
kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat |
|
18) |
Menghargai
adanya perbedaan pendapat |
|
19) |
Menunjukkan
kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana |
|
20) |
Menunjukkan
keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia
dan bahasa Inggris sederhana |
|
21) |
Menguasai
pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah |